Rabu, 17 April 2013

Cara menggambar dinding bangunan | AutoCAD

Dinding adalah bagian dari Bangunan atau Rumah tinggal yang berfungsi sebagai penahan atau pelindung atau pembatas dari ruangan atau sesuatu benda yang memungkinkan masuk langsung ke dalam ruangan tersebut.

Ukuran ketebalan dinding pada sutau Bangunan juga bervariasi, untuk rumah tinggal biasanya ketebalan dinding 150 mm, sedangkan untuk Dinding penahan tanah (Retaining Wall) biasanya variatif tergantung dari hasil desain Engineer Sipil dan ketinggian dinding.

Menggambar garis di AutoCAD memiliki banyak cara, anda bisa menggunakan cara biasa dan cepat. Nah, pertama kali yang kita pikirkan adalah jika kita menggambar dinding pada denah / plan yakni 2 garis sejajar sama panjang sesuai ketebalan dinding.
Berikut langkah-langkah cara menggambar dinding menggunakan AutoCAD:

1. Ketik ML (MLINE).
Sebelum saya lanjutkan, sebaiknya 2 point ini harus kita setting terlebih dahulu yaitu:

a. Justification
Pengaturan titik pusat dari dinding apakah rata atas (Top), atau rata bawah (Bottom) atau rata tengah (Zero) terhadap garis As bangunan. Untuk mengatur cara ini anda bisa atur pada tab pilihan Justification.

b. Scale

Atur dulu ketebalan dinding nya dengan cara ketik S, kemudian masukkan ukuran ketebalannya misalkan 150 mm (jika satuan yang kita pakai adalah MILIMETER / mm).

c. Style
Pilihan ini untuk menamai MLINE yang akan kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk membedakan tipe-tipe dinding jika tipe yang akan kita gunakan lebih dari satu.


2. Start your Lines!
Kini anda bisa menggambar dinding baik pada denah maupun potongan. Tips dari saya adalah anda tentukan dulu garis As bangunan (grid), agar mudah dan cepat untuk menggambar menggunakan MLINE.

Contoh garis MLINE di AutoCAD2011
 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

3 komentar:

Halaman ini tidak di moderasi.
Silahkan komentar dengan santun dan berikan manfaat buat Pembaca yang lain. Anda sopan, kami pun segan. Terima Kasih!

>>>> Cari Artikel lain


Logo Design by FlamingText.com